Sekilas Tentang KPKers - KPKers Lampung

Sekilas Tentang KPKers



Di era globalisasi dengan tingkat perkembangan teknologi yang semakin pesat. Informasi dalam berbagai aspek kehidupan tersebar luas dan mudah di dapatkan oleh semua kalangan. Namun, informasi tersebut berdampak menjadi dua kemungkinan yakni positif dan negatif. Kemampuan menyaring informasi secara tepat dan bertanggungjawab sangat dibutuhkan demi pertumbuhan generasi yang lebih baik.

Dalam hal ini, untuk mencapai suatu tujuan diperlukan suatu lembaga atau institusi yang dapat menampung aspirasi, memenuhi kebutuhan dan memecahkan masalah. Bahwa sesungguhnya tidak semua aspirasi, kebutuhan dan pemecahan masalah selalu dapat di tampung, dipenuhi dan diselesaikan oleh pemerintah. Oleh sebab itu, diperlukan peran serta masyarakat dalam wujud suatu lembaga yang mempunyai badan hukum dan menjadi mitra pemerintah dalam membangun bangsa.

Kami menyadari bahwa pelayanan pemerintah kepada masyarakat dalam pengembangan sumber daya manusia tidak akan optimal tanpa peran serta secara pro-aktif dari masyarakat sendiri. Maka diperlukan usaha dan upaya dari, oleh dan untuk masyarakat dalam bidang pengembangan sumber daya manusia untuk membantu tugas pemerintah. Untuk mewujudkan niat tersebut dan didorong oleh kesadaran, kewajiban dan tanggungjawab, kami selaku warga negara Indonesia, serta rahmat Tuhan Yang Maha Esa, maka kami sepakat mendirikan suatu perkumpulan yang diberi nama “Komunitas Penulis Kreatif” yang disingkat “KPKers” pada tanggal 02 Mei 2013 di Bandung. Kantor Pusat KPKers berkedudukan di Kota Bandung dan membuka cabangnya di tingkat Provinsi dengan sebutan WILAYAH dan di tingkat kabupaten/kota dengan sebutan DAERAH. Yang mana pendiri dari komunitas ini adalah Adrie Mesapati, Jumari Haryadi, dan Luki Andriansah

Organisasi ini merupakan media komunikasi dan interaksi antara penulis dan calon penulis profesional yang bertujuan memberikan wadah bagi anggotanya untuk bisa saling berbagi, belajar, berkomunikasi dan berinteraksi, sehingga bisa meningkatkan jiwa profesionalismenya dalam berjuang melalui karya tulis. 

Kehadiran organisasi ini diharapkan dapat berperan dalam membentuk sumber daya manusia yang unggul, khususnya dalam bidang tulis-menulis, dan keberadaannya tidak hanya memberikan pendidikan dan pelatihan kepada anggota saja di bidang intelektual, emosional dan spiritual melainkan juga kepada masyarakat umum yang membutuhkan, sehingga organisasi ini akan berguna bagi keluarga, masyarakat dan bangsa. 

Seiring berjalannya waktu, komunitas ini sudah tersebar luas diberbagai wilayah, daerah, bahkan negara (dibentuk oleh WNI yang berada di luar negeri). Beberapa di antaranya adalah:

KPKers Aceh
KPKers Bali
KPKers Bandung Raya
KPKers Ciamis
KPKers Cianjur
KPKers Cilacap
KPKers Cimahi
KPKers Garut
KPKers Hongkong
KPKers Indramayu
KPKers Jakarta
KPKers Jawa Timur
KPKers Jepang
KPKers Kalimantan Timur
KPKers Kebumen
KPKers Kediri
KPKers Korea Selatan
KPKers Lampung
KPKers Lampung Selatan
KPKers Lampung Utara
KPKers Malaysia
KPKers Mojokerto
KPKers Nganjuk
KPKers Ngawi
KPKers Pacitan
KPKers Sampang
KPKers Serang-Banten
Kpkers Subang
KPKers Sukabumi
KPKers Surabaya
KPKers Taiwan
KPKers Timor Leste
KPKers Wonogiri

Visi dan Misi
1.  Adapun visi dibentuknya Komunitas Penulis Kreatif yaitu;
  • Menghimpun para calon penulis dan penulis profesional Indonesia untuk saling berbagi, belajar, berkomunikasi dan berinteraksi sehingga bisa meningkatkan jiwa profesionalismenya dalam berjuang melalui karya tulis.
  • Mempersiapkan calon penulis-penulis bermultitalenta yang memiliki kepribadian dan watak yang luhur serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yaitu melalui pendidikan dan pembinaan anggota dalam bidang tulis-menulis.
  • Mempersiapkan calon penulis yang berjiwa writerpreneurship, cerdas, tanggap, kreatif, inovatif, dinamis, terampil, sehat jasmani dan rohani serta memiliki wawasan luas.
  • Membina calon penulis dan penulis agar memiliki etika profesi dalam menulis yaitu selalu berusaha menghindari fitnah, berburuk sangka atau menjelek-jelekkan pihak tertentu dalam menjalankan profesinya sebagai penulis.
  • Mengembangkan sumber daya manusia, khususnya anggota, tidak terbatas hanya memiliki kemampuan dan keahlian sebagai penulis semata, melainkan juga diharapkan mampu menjadi seorang trainer (pelatih) dan speaker (pembicara) yang handal. Untuk hal tersebut KPKers akan secara rutin dan berkala menggelar kegiatan-kegiatan pelatihan, talkshow, seminar, diskusi, workshop, penulisan dan penerbitan buku.
  • Membantu meningkatkan kesejahteraan para penulis Indonesia dengan membuka bidang usaha yang berkaitan dengan dunia tulis menulis ataupun bidang lain yang relevan dengan aktifitas organisasi.
  • Membantu menerbitkan hasil karya para anggota Komunitas Penulis Kreatif (KPKers) dalam bentuk penerbitan buku, artikel, profil, biografi dan sejenisnya.
  • Membantu anggota Komunitas Penulis Kreatif (KPKers) memasarkan bisnis pribadinya melalui jaringan organisasi asalkan tidak melanggar aturan organisasi. Sebagai konsekuensinya maka anggota tersebut diwajibkan memberikan konpensasi berupa profit sharing kepada organisasi sesuai dengan kesepakatan yang dibuat secara bersama antara pengurus KPKers setempat dengan anggota KPKers yang tersebut.
2.  Adapun misi dibentuknya Komunitas Penulis Kreatif yaitu;
  • Berfungsi sebagai wadah pemersatu para calon penulis dan penulis profesional yang memiliki berbagai latar belakang profesi dan sosial agar dapat dioptimalkan segala potensi yang dimilikinya.
  • Sebagai sarana untuk mengembangkan hobi, bakat dan profesi bagi penulis Indonesia.
  • Berfungsi sebagai sarana sosial dan bisnis bagi para penulis Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Sekilas Tentang KPKers"

Posting Komentar

ADS atas Artikel

ADS Tengah Artikel 1

ADS Tengah Artikel 2

ADS Bawah Artikel